Tags

, ,

Pada dasarnya tidak ada batasan minimal dana dan jumlahnya untuk membeli saham. Dalam perdagangan saham, jumlah yang dijualbelikan dilakukan dalam satuan perdagangan yang disebut lot.

Di Bursa Efek Indonesia, Satu lot berarti 500 saham. Itulah batasan minimal pembelian saham. Lalu dana yang dibutuhkan menjadi bervariasi karena beragamnya harga saham-saham yang tercatat di Bursa. Misalnya harga saham XYZ Rp.1.000, maka dana minimal yang dibutuhkan untuk membeli satu lot saham tersebut menjadi 500 dikali Rp.1.000 yaitu sejumlah RP.500.000. Sebagai ilustrasi lainnya, jika Saham ABC harga per sahamnya Rp.2.500 maka dana minimal untuk membeli saham tersebut berarti 500 dikali Rp.2.500 sebesar Rp.1.250.000.

Bagaimana menjadi nasabah perusahaan efek (Pembukaan rekening nasabah)?

Sebelum Anda melakukan jual beli saham, seperti layaknya membuka rekening di bank maka terlebih dahulu Anda harus membuka rekening di satu atau beberapa perusahaan efek.

bukarekeningsaham Berapa Dana Minimal Untuk Berinvestasi Saham?

Dengan pembukaan rekening tersebut maka secara resmi Anda tercatat sebagai nasabah dan data identitas Anda tercatat dalam pembukuan Perusahaan Efek seperti Nama, Alamat, Nomor Rekening Bank dan data-data lainnya. Bersamaan dengan pembukaan rekening ini, Anda menandatangani perjanjian dengan perusahaan efek yang menyangkut hak dan kewajiban kedua belah pihak.